Straight and Cross over cable

Sebelum kita masuk ke tahap pemasangan kabel, kita harus mengetahui dulu apa fungsi dari masing-masing kabel itu. Berikut penjelasannya:
1. Straight over cable, merupakan jenis susunan kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat yang berbeda, seperti komputer ke swith/hub, switch ke router, dsb. Banyaknya kabel yang dapat terhubung tergantung dari banyaknya konektor penghubung yang ada di switch.
2. Cross over cable, merupakan jenis susunan kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat yang sama, seperti komputer dengan komputer, switch/hub dengan switch/hub, dsb, tetapi terbatas hanya untuk satu pasang saja.

Nah itu merupakan sedikit penjelasan tentang fungsi masing-masing dari kabel itu, sekarang masuk ke jenjang pemasangan penyusunan kabel. Sebenarnya penyusunan kabel itu terserah kita, mau warna apa aja, meskipun tidak sesuai aturan, hanya saja yang paling penting yaitu ujung-ujung kabel yang penting agar tidak tertukar. Berikut merupakan susunan kabel yang sudah sesuai standar:
1. Straight over Cable
Susunannya pada jenis kabel ini kedua ujungnya sama, yaitu: putih orange-orange-putih hijau-biru-putih biru-hijau-putih coklat-coklat



2. Cross over cable
Susunanya pada jenis ini adalah:
a. Pada ujung kabel pertama: putih orange-orange-putih hijau-biru-putihbiru-hijau-putih coklat-coklat
b. Pada ujung kabel kedua: putih hijau-hijau-putih orange-biru-putih biru-orange-putih coklat-coklat


Template by - Aaslin sathrak - 2008