Perangkat Jaringan

Ok.. melanjutkan bahasan yang sebelumnya, kali ini saya akan menulis contoh-contoh perangkat jaringan...
Jadi apa bedanya dengan media jaringan?
Bedanya, media jaringan merupakan peralatan yang biasa digunakan untuk menghubungkan antar komputer secara dasar, sedangkan perangkat jaringan merupakan peralatan yang biasa digunakan untuk menghubungkan antar komputer dengan alat-alat yang lebih luas.
Berikut diantaranya contoh-contoh perangkat jaringan:

1. Perkabelan, merupakan hal utama yang harus ada dalam pengkoneksian jaringan. Jenis kabel yang digunkan antara lain UTP, STP, Coaxial, dan Fiber Optic
2. Konektor, perangkat yang dihubungkan dengan ujung kabel. Konektor yang biasa digunakan untuk jaringan adalah RJ-45 (untuk kabel UTP/STP), BNC/TBNC (untuk kabel Coaxial), RJ-11 (untuk kabel telfon)
3. HUB, sebagai pusat untuk menyambungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Paket data yang dikirim akan disebarkan terlebih dahulu ke beberapa komputer, sehingga seluruh komputer dapat membuka paket data itu.
4. Switch, sebagai pusat untuk menyambungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Paket data yang dikirim akan langsung dikirim ke komputer yang dituju.
5. Repeater, penguat sinyal apabila jarak jangkauan kabel sudah mencapai puncak. Contoh: jangkauan kabel UTP adalah 100M, dan jika kita membutuhkan kabel ini sejauh 150M maka setelah jarak 100M memakai repeater.
6. Bridge, untuk menghubungkan antara dua jaringan yang berbeda. Paket data yang dikirim langsung dikirim ke nomor jaringan lainnya.
7. Router, untuk menghubungkan antara dua jaringan yang berbeda. Paket data yang dikirim langsung dikirim ke tujuan pada jaringan lain.
8. Modem (MODulator EMulator), pengkonversi (pengubah) sinyal analog (dari kabel telfon) menjadi sinyal digital (yang ada dalam komputer) sehingga komputer yang kita gunakan bisa terkoneksi dengan bantuan kabel telfon.

Template by - Aaslin sathrak - 2008