Live CD Ubuntu Desktop

Apa itu Live CD???
>>Live CD adalah sebuah CD yang dapat menjalankan Operating System (Linux biasanya) dari drive CD ROM tanpa perlu menginstallnya ke dalam PC kita.

Apa fungsi dari Live CD???
>>Fungsi dari Live CD itu sendiri adalah untuk pengujian terhadap sitem operasi yang ada dalam CD itu.


Mengapa kita menguji terlebih dahulu sistem operasi yang akan kita gunakan?? Kenapa kita tidak langsung menginstallnya saja??
>>Kita harus menguji terlebih dahulu sistem operasi yang akan kita gunakan manfaatnya apabila kita ingin melihat bagaimana sih gambaran sistem operasi yang ada dalam CD itu? maka dengan Live CD, hal itu tidak perlu repot, karena kita tidak usah menginstall ulang PC kita, kita tidak usah membuat partisi baru, dan pastinya kita tidak perlu menginstall sistem operasi itu ke harddisk. Keuntungan yang kita peroleh pun ada, karena jika kita terlalu sering memformat dan menginstall ulang harddisk maka harddisk kita akan lebih awet.

Bagaimana cara menggunakan Live CD??
>>Cara menggunakan Live CD cukup mudah kok..... Bahkan sangat mudah.... caranya adalah sebagai berikut (yang saya gunakan adalah Live CD Ubuntu Desktop 9.04):
1. Ganti First Boot pada BIOS menjadi ke CD ROM
2. Restart komputer lalu masukkan Live CD-nya
3. Setelah keluar tampilan, pilih "Try Ubuntu without any changes of my computer"
4. Tunggu beberapa saat sehingga keluar tampilah desktop Ubuntu Desktop
5. Apabila setelah lama ditunggu tidak juga keluar tampilan ubuntu desktop, dapat diperkirakan bahwa jenis hardware komputer yang kita gunakan tidak support dengan ubuntu desktop

Fasilitas apa yang ada dalam ubuntu ini? apakah kita perlu menginstall office??
>>Fasilitas yang ada pada ubuntu ini bisa lumayan diacungi jempol, dibandingkan dengan Windows XP yang mengasumsikan sekitar >700 MB pada CD dengan software yang tanpa office, Ubuntu ini lebih baik untuk soal itu. Soalnya dengan asumsi hampir sama dengan XP, ubuntu ini telah dilengkapi dengan beberapa software yang siap pakai, diantaranya:
- CD/DVD creator (sejenis Nero dsb. untuk memburning data)
- GIMP Image Editor (sejenis dengan Adobe Photoshop)
- Ekiga Softphone (software untuk menelepon secara online)
- Firefox Web Browser (Mozilla Firefox)
- Pidgin Internet Messenger (sejenis dengan Yahoo Messenger)
- Open office (sejenis dengan Microsoft Office)
- Pembuka file PDF

Apakah sama fasilitas ubuntu yang telah ada pada saat menguji dan juga saat telah diinstall??
>>Tentu saja sama karena semua fasilitas yang kita lihat pada pengujian merupakan gambaran ubuntu setelah diinstall

Aku mau coba install, tapi tidak mau nambahin peluang untuk rusak harddisk!!
>>Untuk satu ini kita bisa mencoba salah satu falitas yang ada dalam Live CD ini. Kita masukkan Live CD ubuntu itu, lalu masuk ke dalam file-file CD itu lalu pilih wubi. Ada 3 option dari menu ini, Demo and Full Installation (untuk menginstall ke dalam harddisk ubuntu itu), Install Inside Windows (untuk menginstall didalam Windows sebagai program aplikasi) dan Learn More. untuk Install inside Windows, harus ada syarat yang kita penuhi yakni kita harus mengosongkan beberapa MB pada drive D atau E.

Aku mau!! Bagaimana cara saya mendapat Live CD ubuntu itu???
>>Untuk mendapatkan Live CD ubuntu, kita bisa masuk langsung ke website resmi ubuntu di http://ubuntu.com lalu pilih get CD, dan lakukan yang diperintahkan selanjutnya

Template by - Aaslin sathrak - 2008